Cara Menulis pada aplikasi Whats App dengan Huruf Arab




Teman-teman, di era globalisasi sekarang ini hubungan antar manusia menjadi semakin mudah. Mengapa demikian, dengan adanya berbagai alat komunikasi dan informasi, manusia berinteraksi dengan manusia lain dengan begitu mudahnya, sehingga dunia seolah-olah tiada batas lagi. Manusia dari satu negara dapat berkomunikasi dengan manusia di negara lain dengan sangat mudah dan juga murah.
Hal ini tentunya didukung dengan adanya alat komunikasi canggih yang mudah didapat dengan harga yang terjangkau.

Salah satu alat komunikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah telepon pintar atau smart phone. Benda yang satu ini sangat mudah didapatkan dengan harga bervariasi, sehingga tak heran jika banyak anak-anak sekarang sudah mahir dalam mengoperasikannya. Terlepas dari pembahasan mengenai perbandingan antara manfaat dengan mudharatnya. Karena produk teknologi pasti membawa dampak positif maupun negatif bagi penggunanya. Mana yang lebih dominan, tentunya tergantung pada penggunanya.

Selain perangkat keras seperti smartphone, hal yang tak kalah penting dalam teknologi komunikasi adalah perangkat lunak atau software yang digunakan bersamaan dengan alat tersebut. Manusia pun mengembangkan berbagai perangkat lunak untuk berbagai keperluan. Ada yang dikembangkan untuk mencari informasi, ada juga yang dibuat untuk berinteraksi dua arah seperti sedang berhadapan, yang sering disebut media sosial atau medsos.
Diantara media sosial yang banyak digunakan oleh manusia hari ini adalah WhatsApp atau disingkat WA.

Dalam hal berinteraksi menggunakan WhatsApp, seringkali kita menulis/mengetik beberapa kata bahkan kalimat dalam bahasa asing, seperti bahasa Inggris maupun bahasa Arab.
Dalam hal menulis bahasa Inggris menggunakan huruf latin tidaklah ada kendala, karena bahasa Inggris biasa ditulis dengan huruf latin. Namun lain halnya dengan penulisan kata atau kalimat menggunakan huruf latin. Bagi sebagian manusia menuliskan kata atau kalimat bahasa Arab  menggunakan huruf latin dirasa kurang "sreg" karena bahasa Arab biasanya ditulis dengan huruf arab, meskipun menulis kata atau kalimat bahasa Arab menggunakan huruf latin tidak sepenuhnya salah.

Nah berkenaan dengan hal tersebut, saya akan berbagi sedikit, mengenai cara menulis dengan huruf Arab pada aplikasi WhatsApp yang dioperasikan menggunakan smart phone (Android)

Ada pun cara menulis dengan huruf Arab pada aplikasi WhatsApp adalah sbb;

Pertama kali tekan tombol bergambar roda gigi seperti gambar berikut.


Maka akan muncul tampilan seperti berikut.



Selanjutnya tekan tombol pengaturan bahasa seperti gambar di atas.
Jika sudah, langkah berikutnya tekan pilihan bahasa Arab seperti gambar berikut.



Jika sudah diubah ke pengaturan bahasa Arab, tekan tombol kembali sebanyak dua kali hingga muncul tampilan seperti  gambar di bawah ini.


Jika tampilan huruf-huruf yang ada pada keyboard sudah berupa huruf Arab seperti gambar di atas,  berarti smart phone sudah siap digunakan untuk menulis kata atau kalimat dengan huruf Arab. Mulailah menulis apa yang diinginkan.

Selamat mencoba, SEMOGA BERJAYA.



Tidak ada komentar: